Kamis, 11 Juli 2013

cara memimpin doa

cara memimpin doaCara memimpin doa, sebenarnya berdoa bersama untuk suatu acara sering kita lakukan, dengan seseorang memimpin doa dan sementara para hadirin meng Amini doa tersesebut. Tetapi harus kita berhati hati karena sebenarnya Meskipun doa adalah aktivitas ibadah yang bermakna luas, namun setiap ibadah dalam Islam, tetap harus ada panduannya, apalagi doa merupakan ibadah paling mulia bahkan hampir semua ibadah disyariatkan untuk berdoa sehingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda: Doa adalah ibadah.[1]



Jika doa merupakan ibadah maka seluruh ibadah termasuk berdoa tidak diterima kecuali setelah memenuhi dua syarat:
a. Dikerjakan atas dasar ikhlas mencari pahala dan ridha Allah subhanahu wata’ala.
b. Amalan tersebut sesuai dengan petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam.

Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasalam yang berbunyi “Barangsiapa yang melakukan amalan yang tidak ada dasar dari ajaran kami, maka amalannnya tertolak..” merupakan barometer amalan secara lahir. Maka pertimbangkan untuk Cara memimpin doa yang sesuai tuntunan Nabi.
cara memimpin doa
Hadits tersebut merupakan hadits yang agung yang meliputi ajaran Islam secara menyeluruh, secara fundamental, secara praktis, lahir maupun batin, ucapan maupun perbuatan. Imam Nawawi rahimahulloh pernah membicarakan hadits Aisyah radhiyallohu’anha dengan satu penjelasan yang berharga.

Beliau mengungkapkan: “Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam: “Barangsiapa yang membuat-buat [Cara memimpin doa ]ibadah yang tidak kami ajarkan, maka amalannya itu tertolak,” dan dalam riwayat lain: “Barangsiapa yang melakukan satu amalan yang tidak mengikuti ajaran kami,” dijelaskan oleh pakar bahasa Arab: “Kata radd (penolakan) memiliki arti mardud (tertolak)”. Artinya, amalan itu batil dan tidak masuk hitungan amalan. Hadits ini merupakan kaidah Islam yang agung, termasuk di antara sabda beliau yang ringkas dan padat. Hadits itu secara tegas menolak semua bid’ah dan segala ibadah yang dibikin-bikin.


Bila terpaksa anda memimpin doa di sebuah acara, maka anda harus teliti dulu, adakah sebagian yang hadir beragama selain Islam ?, bila ada maka anda cukup berdoa secara universal tanpa menyebut asma Allah

Tetapi bila harus dilakukan, ini hanya sebagai ceremonial saja,Cara memimpin doa doa yang biasa digunakan adalah sebagai berikut,

cara memimpin doa
Assalamu’alaikum,wr,wb. Sembari menadahkan tangan, marilah kita sejenak menundukkan kepala. Astagfirullahal’azim (3x) A’uzubillahiminassyaithanirrajim, Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirrobbil’alamin, wasshalatuwasshalamu’ala asrhofil anbiyai walmursalin wa’ala aalihi wa shohbihi rosulillahi ajema’in. Allahummaghfirli wa liwalidayya warhamhuma kama robbayanishogira. Allahumma ihdinasshirothalmustaqim sirothollazi naan’am ta’alaihim ghoiril maghdu bi’alaihim waladhollin,amin.. Ya Allah, Yang Maha Pengampun. Ampunilah dosa-dosa kami, khilaf dan salah yang pernah kami lakukan baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Ya Allah, Yang Maha Pembimbing hidup kami. Bimbinglah setiap langkah kehidupan yang kami tapaki guna mengarungi kehidupan yang sesaat ini. Ya Allah, Ya Tuhan kami, hari ini kami mengadakan acara………………………………………..guna menambah wawasan keislaman kami, meningkatkan persaudaraan kami, meningkatkan semangat kami dalam beribadah serta memotivasi hidup kami agar istiqomah di jalan kebenaran Mu. Ya Robb, Ridhoi dan berkahilah acara kami ini. Ya Allah, Ya Rahman. Hidupkanlah kami dalam cahaya, rahmat dan keimanan Mu. Matikanlah kami dalam ibadah terbaik yang kami miliki kepada Mu dan bimbinglah setiap langkah hidup kami. Sungguh, hanya kepada Mu lah tempat kami bergantung. Robbana zolamna anfusana wa ilantaghfirlana watarhamna lana kunanna minalghosirin. Robbana atina fiddunia hasanah wa fil a khiroti hasanah waqina ‘azabannar. Subbhanakarabbika rabbil’izati ‘amma yasifun wassalamu’alarmursalin. Walhamdulillahirrobil’alamin. Wassalamu’alaikum wr.wb.


atau dengan 2 doa Pembuka dan Penutup :

Doa Pembuka

Sebelum memulai acara ini marilah kita tundukkan kepala, hati, dan jiwa kita kepada Allah Sang Robb, Sang Malik, dan Ilah untuk memohon keridhoanNYA atas apa yang akan kita lakukan di sini.

***

A’udzubillahi minasysyaithannirrajim
Bismillahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi nikmahu

Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru

Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin



Allahumma Ya Allah Ya Tuhan kami..

Dengan mengucapkan ouji dan syukur kehadirat-MU, atas segala rahmat dan karunia-MU yang telah ENGKAU limpahkan kepada kami, kepada para pemimpin kami, kepada masyarakat dan negara kami.

Allahumma Ya Allah Ya Rabbana Ya Karim..

Jadikanlah acara seminar HISFARSI ini sebagai majelis ilmu yang bermanfaat, yang membuahkan hasil bermanfaat bagi kesehatan dan keselamatan masyarakat dan negara kami.

Ya Allah Ya Rabbana..

Acara ini ditujukan tidaklain hanya untuk emmperoleh ridho-MU semata, untuk itu berilah petunjuk dan bimbingan kepada kami agar kami dapat menjalankannya dengan baik, demi kesehatan dan keselamatan masyarakat kami di masa yang akan datang.

Allahumma Ya Allah Ya Rabbana Ya Karim, Ya Tawwaf..

Jadikanlah kami semua yang hadir di sini, apoteker yang memiliki sifat amanah. Jika kami pemimpin jadikanlah pemimpin yang amanah, jika kami rakyat biasa jadikanlahrakyat yang amanah, karena kami yakin dengan amanah akan mendatangkan ridho-MU.

Ya Allah, hanya kepada-MU kami melakukan pengabdian dan hanya kepada-MU kami memohon pertolongan. ANugrahkanlah kepada kami tekad, kekuatan, keikhlasan, lindungan, dan bimbingan untuk menjalankan amanah sebagai apoteker yang bekerja dan berkarya demi pengabdian pada-MU semata.

Iyyaka na’ budu waiyyaka nasta’in

Rabbana taqabbalminna innaka antassami’ul alim, watub ‘alaina innaka antattauwaburrahim.

Amin Ya Allah Ya Rabbal ‘alamin




Doa Penutup
Audzubillahiminasy syaithannirrajim
Bismillahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi nikmahu

Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru

Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin

Allahumma Ya Allah, Ya Tuhan kami..

Dengan mengucapkan puji serta syukur kehadirat-MU atas segala rahmat karunia-MU yang telah ENGKAU limpahkan kepada kami, pada hari ini dengan penuh keakraban dan bahagia ini kami hadir di sini kiranya ENGKAU memberikan barokah dan ridho-MU dalam acara yang kami laksanakan ini.

Ya Allah Ya Tuhan kami..

Seminar dan workshop ini sangat besar sekali arti dan maknanya bagi kami, terutama menjalin hubungan selaturahim antar keluarga IAI-HISFARSI sekaligus meningkatkan kompetensi kami di bidang ini, untuk itu ya Allah, tanamkan sifat rahman dan rahim-MU kepada kami sekalian sehingga dapat berkiprah dalam pembangunan kesehatan.

Allahumma Ya Allah, Ya Tuhan kami..

Dengan telah berakhirnya kegiatan ini kiranya Ya Allah, ENGKAU dapat melimpahkan pengetahuan dan kekuatan kepada kami semua dan ENGKAU tumbuhkan rasa persaudaraan, persatuan yang kokoh di antara kami terjalin dengan baik dan utuh.

Ya Allah Tuhan kami, ENGKAUlah Sang Maha Pengampun..

Ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa pemimpin kami serta dosa dan kesalahan kedua orang tua kami. Perkenankanlah doa dan pinta kami ini.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban naar

Alhamdulillahrabbil alamin.

________cara memimpin doa
Footnote:
[1]. Shahih diriwayatkan Imam at-Tirmidzi dalam Sunannya (2969)
[2]. Apalagi jika doa bersama ini bercampur dan di amini oleh orang2 yang berlainan agama.
Semua terserah anda,
Demikian  Cara memimpin doa ini semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar